Wirausaha

Wirausaha adalah seseorang yang menciptakan suatu usaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi.

Pendapat tentang wirausaha

  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.
  2. Peter F Drucker
    Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) .
  3. Menurut Arif F. Hadipranata,
    wirausaha adalah sosok pengambil risiko yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis serta menerima keuntungan financial ataupun non uang.
  4. Thomas W Zimmerer
    Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
  5. Kathleen
    Wirausaha adalah orang yang mengatur, menjalankan, dan menanggung risiko bagi pekerjaan-pekerjaan yang dilakukannya dalam dunia usaha.
  6. Andrew J Dubrin
    Seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business).

Siapa yang bisa menjalankan Wirausaha

Wirausaha dapat dilakukan oleh siapa saja baik laki - laki atau wanita, anak muda, orang tua bahkan anak sekolah pun dapat menjalankan wirausaha. Tidak harus berpendidikan tinggi karena untuk berwirausaha kita hanya membutuhkan ide kreatif untuk menjalankan wirausaha tersebut agar dapat menghasilkan uang yang banyak.

Jika anda tidak mempunyai ide untuk menjalankan wirausaha, mungkin dari penjelasan dibawah ini dapat membantu anda dalam memulai wirausaha:

Memulai Wirausaha

Lihat sekeliling anda
Ini salah satu cara paling simpel. Tidak usah susah-susah, anda jalan keluar rumah anda dan lihat di sekeliling anda ada usaha apa saja. Mungkin ada usaha cuci mobil, ada warnet, warung makan, dan sebagainya. Dan kalau diperhatikan semua usaha itu bisa eksis, meski mungkin ada lebih lima warung makan di lingkungan anda, tapi semuanya masih tetap buka usaha kan? Anda sudah dapat ide bisnis-nya kan? Hanya saja kalau anda ingin buka usaha sejenis, satu tips tambahan dari saya: lakukan diferensiasi biar usaha anda unik. Kalau anda ingin buat produk informasi tentang produk-produk tersebut juga bisa. Sudah ada banyak contohnya seperti misal bisnis warnet/bisnis online.

Bisniskan hobi anda
Anda suka mancing.? Anda bisa bisniskan keahlian anda itu. Lakukan apa yang anda suka dan buat bisnis dari sana. Ubah hobi anda menjadi hobi yang menghasilkan uang buat anda. Mudah kan?

Ajari orang lain dan kenakan biaya
Mungkin anda pintar bahasa Inggris,komputer atau pintar desain, anda bisa ajari orang-orang secara upline Atau online, dan anda kenakan biaya. Anda bisa memberikan pelajaran kepada para murid anda cukup dari depan monitor komputer anda. Enak bukan?

Amati,Ikuti & kembangkan.
Jika anda masih tetap bingung bisnis apa yang hendak anda lakukan, lihatlah Usaha atau bisnis apa yang berkembang di sekitar anda, lalu ikuti kemudian buat ciri khas yang berbeda agar anda tidak di cap mencontek, lalu kelola usaha anda lebih baik dari yang anda tiru. Yang terpenting adalah anda tidak menjiplak sama persis, karna nanti anda akan dikenakan pelanggaran hak cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

formulir registrasi keagenan