Panduan Reservasi




PANDUAN RESERVASI & TICKETING

Panduan ini kami buat untuk menuntun anda bagaimana cara melakukan Reservasi tiket, Hotel, Tour dan Ticketing secara benar dan tepat.

I. RESERVASI

PENJELASAN RESERVASI
Reservasi adalah cara untuk mendapatkan tempat baik itu Kursi di dalam pesawat, Kamar hotel dan perjalanan tour, jadi sebelum anda mendapatkan tempat yang disebutkan diatas anda harus melakukan reservasi /booking terlebih dahulu

A. Reservasi tiket pesawat.
Dalam melakukan reservasi tiket ada 2 macam sistem reservasi yaitu reservasi online dan tidak online.

Untuk Airlines yang tidak online anda harus melakukan reservasi langsung ke Airlines melalui telepon .
Yang perlu anda lakukan dan ketahui dalam reservasi tiket adalah :
  • pastikan anda sudah dapat mengeja (spell) abjad A-Z dalam sistem reservasi contohnya:
    A=Alpha, B=Beta, C=Charlie, D=Delta, E=Echo, F=Folksfort/Fanta, G=Golf, H=Hotel, I=India, J=Juliet, K=Kilo, L=London, M=Mike/Mama, N=November/Niko, O=Oscar, P=Papa, Q=Quebeck, R=Romeo, S=Siera, T=Tanggo, U=Ultra, V=Viktor, W=Wiskey, X=Xtray, Y=Yengky, Z=Zulu/Zero.

  • Fungsinya yaitu apabila anda melakukan reservasi langsung ke Airlines melalui telepon untuk penyebutan nama dan kode booking dalam abjad/huruf akan selalu menggunakan spelling tersebut diatas, Maka dari itu anda diwajibkan dapat menghafalnya dengan lancar.

  • Sistem Class yang ada di pesawat meliputi First Class, Business Class dan Economy Class. Dan didalam reservasi basanya First Class itu diwakili dengan huruf F,R, A Business Class diwakili dengan huruf C,D,J dan Economy Class diwakili dengan huruf Y,W,M,N,K,L,H,G,O,X. untuk dapat memastikannya anda dapat melihat daftar Nett Fares di masing masing Airlines.

  • Time Limit adalah batas waktu untuk issued/cetak tiket yang sudah ditetapkan oleh Airlines. Yang perlu anda lakukan mengingatkan ke penumpang anda untuk melakukan issued tiket sebelum batas waktu tersebut. Kelalaian atau terlewatkan batas waktu yang sudah ditetapkan oleh Airlines dapat mengakibatkan reservasi/bookingan anda di batalkan/cancel oleh Airlines.

  • Kode Booking atau PNR (passenger name record) adalah kode penumpang yang telah anda booking dan harus disimpan dengan baik. Gunanya apabila anda ingin melakukan pengecekan atau perubahan bookingan hal pertama yang ditanyakan oleh petugas reservasi adalah kode booking tersebut.

  • Retrieve adalah jika anda sudah melakukan reservasi/booking lalu anda lupa catat & simpan kode booking atau kode booking tidak sesuai dengan data disini anda bisa Retrieve, dimana anda harus menyebutkan /informasikan tanggal keberangkatan, rute tujuan dan nama penumpang tersebut kepada petugas reservasi.

  • Rebooking adalah dimana anda membuat reservasi kembali yang bisa disebabkan oleh
    pembatalan oleh Pihak Airlines atau faktor lain.

Langkah-langkah melakukan reservasi /booking langsung :
  1. Hubungi telepon Airlines yang anda tuju (daftar no.telp sudah tersedia di menu airlines
  2. Sebutkan nama anda dan travel agent anda kepada petugas reservasi
  3. Informasikan rute tujuan, classnya, tanggal&bulan keberangkatan , nama penumpang yang akan berangkat lalu no telp anda dan no.tel/HP penumpang anda ke petugas reservasi.
  4. Setelah itu petugas reservasi akan membacakan reservasi/bookingan anda, jangan lupa catat dengan baik konfirmasi penerbangan, Time limit dan Kode Booking pada saat petugas reservasi tersebut membacakan reservasi/bookingan anda.
  5. Konfirmasikan kembali bookingan yang telah anda booking kepada penumpang anda tentang jadwal penerbangannya, class dan harga tiketnya apakah sudah sesuai dengan permintaan penumpang anda setelah itu ingatkan Time limit untuk issued ticketnya. Saran kami dalam informasikan Time Limit kepada penumpang anda jangan sesuai dengan time limit yang diberikan oleh Airlines. Contohnya jika Time limit yang diberikan oleh airlines Tgl 28 Feb 09 anda harus informasikanTgl 27 Feb 09 atau jika bookingan tersebut dilakukan dadakan dan Time limit yang diberikan/ditetapkan oleh Airlines Jam 14.00 hari ini harus issued maka anda harus segera info rmasikan ke penumpang anda mohon segera melakukan issued tiket dan beri waktu 15 menit saja kepada penumpang anda untuk konfirmasikan kembali ke anda issued tiket tersebut.
  6. Jika anda sudah dapat persetujuan issued tiket dari penumpang anda segera info dan email ke kami kode bookingnya dan kami akan melakukan issued tiket tersebut sesuai konfirmasi dari anda.
Langkah-langkah sistem reservasi langsung diatas hanya untuk reservasi Airlines Domestik seperti Lion Air, Sriwijaya Air, Batavia Air, Mandala Air dan Merpati Airlines.
Untuk melakukan reservasi online anda perlu ikuti pelatihan terlebih dahulu dari kami, karena banyak sekali entry-entry sistem reservasi online yang perlu anda pelajari, ingat dan kuasai dan hanya untuk Airlines International dan Garuda Domestik saja.

B. Reservasi Hotel.
Dalam melakukan reservasi Hotel yang harus anda perhatikan dan ketahui adalah jenis tempat tidur, tipe kamar (room type). Ada beberap jenis tempat tidur di dalam kamar hotel adalah :
  1. Single Bed adalah kamar yang mempunyai 1buah tempat tidur yang ukurannya besar (king size)
  2. Double Bed adalah jenis tempat tidurnya sama dengan Single Bed dan biasanya Double Bed dipesan untuk 2 orang dalam 1kamar.
  3. Twin Sharing adalah kamar yang mempunyai 2 buah tempat tidur.
  4. Triple adalah kamar yang tempat tidurnya Single/double bed atau Twin Sharing dengan di tambahkan extra bed
  5. Extra Bed adalah tempat tidur tambahan.
Tingkatan jenis tipe kamar (room type) di hotel adalah : Standard room,Superior room,Superior Deluxe, Deluxe room, Deluxe suite, Suite room, President suite.
Jika tamu anda dalam reservasi hotel meminta (request) Connecting door, early check in, last check out, Transfer in/out anda catat saja dulu permintaannya dan hal ini harus dimintakan terdahulu ke pihak hotel tersebut karena Pihak hotel belum tentu bisa memenuhinya apalagi pada saat High season.

Dalam melakukan reservasi kamar Hotel anda dapat email atau hubungi kami untuk reservasi hotel tersebut. dan kami akan memberikan konfirmasi kepada anda lalu segera konfirmasikan reservasi hotel tersebut kepada tamu anda. Setelah anda dapat persetujaun untuk issued voucher hotel dari tamu anda segera email atau hubungi kami kembali dan kami akan segera melakukan issued voucher Hotel tersebut. Jangan lupa untuk mengecek masa berlaku harga tersebut apakah termasuk breakfast(sarapan pagi) atau Kamar saja (room only) dan cek juga keterangan atau remarks yang tertulis didalam harga Hotel.

Untuk reservasi yang bersifat dadakan dapat melakukan check in without voucher maksudnya tamu anda tidak perlu membawa voucher Hotel dari Inti Tour karena dapat langsung check in ke Hotel yang sudah direservasi dan ini beraku untuk Hotel Domestik ataupun International.

C. Reservasi Tour.
Dalam melakukan reservasi tour yang anda lakukan adalah sama seperti anda melakukan reservasi tiket dan hotel, Karena di reservasi tour ada komponen Tiket dan Hotel didalamnya.
Untuk hal ini anda tidak perlu melakukan reservasi sendiri dan anda hanya email atau kontak kami untuk permintaan tour dari Client anda. Dan kami yang akan melakukan reservasi tersebut

II. TICKETING
Setelah anda melakukan reservasi tiket langkah selanjutnya anda harus melakukan ticketing dan Istilah Ticketing disini adalah cetak/issue tiket pesawat.
Dalam ticketing terdapat 2 jenis ticket yaitu Tiket Domestik dan Tiket Internasional dan terdapat macam istilah penyebutan tiket dan variasi harga tiket seperti Non endorse ticket , Endorse ticket, refund dan reroute ticket. Penjelasannya sbb :
  • Tiket Domestik adalah tiket pesawat yang dikeluarkan oleh maskapai penerbangan lokal reguler berjadwal seperti : Garuda, Merpati, Lion Air, Sriwijaya Air, Batavia Air, dan Mandala Air. Untuk tiket domestik ada yang berbentuk elektronik tiket yang seperti dikeluarkan oleh penerbangan Garuda, Mandala dan Batavia dan Paper tiket (masih berupa buku tiket) yang masih dikeluarkan oleh penerbangan Lion, Sriwijaya dam Merpati.

  • Tiket internasional adalah tiket yang dikeluarkan oleh maskapai penerbangan Asing reguler berjadwal seperti : Singapore Airlines, Japan Airlines, Cathay Pasific, dll. Dan hampir semua tiket yang dikeluarkan oleh penerbangan internasional sudah berupa elektronik tiket.

  • Non endorse ticket adalah jenis tiket yang ketentuannya tidak diperbolehkan untuk mengganti/merubah penerbangannya contoh : Jika tiket yang dicetak menggunakan
    penerbangan Garuda maka tiket tersebut tidak bisa diganti dengan tiket penerbangan lain.
  • Endorse tiket adalah jenis tiket yang bisa dirubah penerbangannya. Jenis tiket ini biasanya banyak digunakan oleh penerbangan international.

  • Refund adalah pengembalian tiket yang tidak terpakai dengan melihat kondidi tiket tersebut.

  • Reroute adalah perubahan rute yang di minta oleh penumpang. Reroute disini melihat kondisi dari ticet tersebut.
Selain itu tiket mempunyai banyak variasi dan kondisi harga seperti harga fix date and fix flight, 7hari tiket, 14hari tiket, 1bulan tiket, 3bulan tiket, 6bulan tiket dan 1tahun tiket. Semua itu anda bisa melihat di dalam daftar harga tiket yang sudah tersedia di dalam web anda mengenai ketentuan dan kondisi harga tiket.

Sebelum anda melakukan ticketing yang perlu anda perhatikan adalah :
  1. Jadwal penerbangan, nama penumpang, Class dan harga yang sudah anda bookingkan sudah benar dan cocok dengan apa yang penumpang anda minta. Jika tiket anda tiket international cek kembali nama penumpang anda apakah sudah sesuai dengan nama di dalam pasport.
  2. Pastikan anda sudah mendapatkan perintah cetak/issue tiket dari penumpang anda.
  3. Cek kembali harga yang anda sudah berikan kepada penumpang anda dan pastikan penumpang anda sudah mengerti tentang kondisi harga tiket yang anda akan cetak/issue.


Dibawah ini adalah cara reservasi pemesanan tiket pesawat menggunakan system IBE (Internet Booking Engine) Asia Wisata.


Pergi ke Youtube

Klik disini untuk informasi Agen
Klik disini untuk informasi Franchise

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar